Rabu, 25 Mei 2011

how to make "Kerak Telor"

Apa yang terlintas di benak kamu saat mendengar “Kerak Telor”? Mungkin ada yang sudah tahu dan sudah pernah mencobanya, atau ada yang sudah tahu tapi hanya sekedar tahu dan belum pernah mencoba, atau bahkan ada di antara kamu yang belum tahu apalagi mencobanya. Naahh buat kalian yang belum banyak tahu mengenai kerak telor, mari baca artikel berikut.

Kerak telor merupakan jajanan khas dari Betawi yang terbuat dari
campuran aron ketan, telur ayam atau telur bebek, serundeng, garam, dan bumbu lainnya. Dalam artikel ini akan dijabarkan step by step pembuatan kerak telor. Dalam foto yang akan banyak ditampilkan di bawah ini, akan tampil Bang Sam (baca;'Sam' bukan 'Sem' kaya nyebut 'Sammy") sebagai salah satu pedagang kerak telor yang sudah berjualan semenjak tahun 1988 dan sehari-harinya berjualan di kawasan Pasar Lama,Tangerang.


Pertama, bara arang harus dipanaskan untuk memasak kerak telor hingga matang


Kedua,adonan aron ketan dipanaskan terlebih dahulu sebelum dicampur bahan-bahan dan bumbu lainnya. Pertama dicampur sebutir telur, serundeng (kelapa parut yang digoreng), garam, dan cabe rawit(jika suka pedas).



Adonan tersebut lalu diaduk hingga rata didalam wajan penggorengannya langsung hingga rata. Setelah itu didiamkan hingga bagian bawahnya cukup matang.
Setelah sekitar 2 menit, adonan akan cukup matang dan menempel di wajan. Lalu wajan dibalik untuk mematangkan bagian permukaan adonan. Anehnya, adonan kerak telor tersebut tidak jatuh atau berubah posisinya karena sudah menempel.



Setelah matang merata, adonan dipanggang beberapa saat lagi agar lebih kecoklatan. Lalu kerak telor yang sudah matang diberi taburan serundeng dan bawang goreng.




Kerak telor pun siap dibungkus dan disantap oleh pembeli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar