Kamis, 15 September 2011

Kelebihan dan Kekurangan Online PR

Analisis tentang online PR merupakan salah satu tugas yang paling berat selama semesterII ini-selain statistik tentunya-karena selain merupakan topik yang masih baru sehingga sulit didapat referensinya, ada hambatan2 lain juga secara intern karena ini tgas kelompok dgn macam2 karakteristik individu yang berbeda =). Tapi untungnya semuanya bisa berhasil diselesaikan dengan cukup baik

here it is to share.. smoga kalian yg pake bahan ini cukup terbantu dengan hasil analisis ini.



4016761_f260.jpgKelebihan dan Kekurangan Online Public Relations

Internet dalam proses online PR memberikan beberapa keuntungan besar sebagai salah satu medium kerja PR. Berikut beberapa kelebihan penerapan sistem online PR: 
a.      a, Internet memiliki kemampuan riil untuk memberikan akses langsung dan cepat kepada audiennya, hal ini juga merupakan kelebihannya dibandingkan media massa lainnya.
b.      b. Memublikasikan isi komunikasi massa lewat e-mail, forum online, dan media interaktif lainnya dengan lebih cepat dan mudah.
c.     c. Internet memungkinkan PR untuk menciptakan isi komunikasi massa sendiri dan mendapatkan audien lebih banyak dengan pengeluaran biaya yang lebih murah ketimbang penggunaan media massa lainnya.
d.     d. Akses internet dapat terus dinikmati 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan dapat menjangkau sebanyak mungkin sasaran publik organisasi.
e.      e. Online pR dapat melakukan monitoring terhadapisu-isu yang beredar di masyarakat mengenai perusahaan atau organisasi. Sehingga perusahaan dapat memberikan tanggapan mengenai isu-isu tersebut secara cepat dan tepat.
f.        f. Melalui komunikasi yang lebih interatif, organisasi akan lebih mudah mendapatkan feedback dari publiknya. Sehingga dapat mengetahui pandangan dan harapan masyarakat terhadap perusahaan agar perusahaan dapat melakukan tindakan yang tepat.


Di samping kelebihan-kelebihan di atas, terdapat beberapa kekurangan dari sistem online yang dilakukan seorang Praktisi PR, antara lain:
a.      Isu-isu dapat berkembang dengan lebih cepat dan meluas di kalangan publik organisasi karena interaksi yang tinggi di dunia maya memungkinkan timbulnya opini publik yang beragam.
b.      Kurangnya ketertarikan masyarakat kepada hal-hal positif yang disampaikan perusahaan karena masyarakat lebih fokus pada berita-berita buruk dan promosi produk saja. Sedangkan yang tertarik pada berita baik dari sebuah perusahaan hanyalah beberapa saja, seperti investor dan penanam saham.
c.       Kurang bisa diakses oleh semua pihak atau semua kalangan. Alasannya adalah tidak semua masyarakat bisa mengakses internet, hanyalah orang-orang yang memiliki peralatan untuk mengakses internet (seperti: modem atau handphone).
d.      Online PR efeknya adalah akan ada banyak mengalami feedback dari masyarakat sehingga peluang untuk terjadi multi tafsir yang sangat besar. Penafsiran yang salah ini dapat berakibat menjadi isu negatif jika tidak segera diatasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar